5+ Kebiasaan Orang Sukses di Meja Makan. Ada Berapa yang Sudah Kamu Terapkan? 0 55091

Kehidupan orang-orang sukses di dunia selalu mengundang rasa penasaran. Siapa tahu bisa diikuti dan membuat kita ketularan sukses juga. Salah satunya adalah kebiasaan saat makan. Pada momen makan ini, mereka punya kebiasaan-kebiasaan yang layak kamu terapkan juga. Apakah mereka juga selalu mencari #TemanMakan? Atau malah mereka makan sambil kerja juga?

Ternyata nggak melulu kerja, orang-orang sukses kerap menikmati jam makan sebaik-baiknya. Meski begitu, nggak jarang juga mereka ‘menyelipkan’ hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan di meja makan. Semisal makan bareng relasi karena penting untuk menunjang karier. Simak kebiasaan-kebiasaan selanjutnya yang selalu dilakukan orang-orang sukses saat di meja makan berikut ini.

 

1. Mereka tak pernah ragu untuk mencari teman makan baru. Karena inilah saat yang tepat untuk bangun relasi

bangun relasi

Momen makan siang atau makan malam akan dimanfaatkan dengan baik oleh orang-orang sukses. Mereka anti sekali makan sendiri lantaran saat itulah merupakan kesempatan baik untuk membangun relasi. Orang sukses biasanya akan cari teman makan, lalu mengajaknya makan di luar. Obrolan yang terjadi pun nggak melulu kerjaan, tapi bisa saja menyangkut latar belakang keluarga maupun pendidikan. Jika pembicaraan sudah cukup seru, maka akan dilanjutkan dengan obrolan tentang kesukaan masing-masing.

 

2. Meja makan pun tak pernah hening. Obrolan antar teman juga menjadi menu santapan wajib

ngobrol bareng teman

Selain mencari teman makan, kebiasaan lainnya yang dilakukan orang sukses yaitu obrolan-obrolan seru bersama teman. Hal ini karena jam makan sering dianggap sebagai momen kebersamaan di luar pekerjaan. Walau sibuk bekerja, hubungan pertemanan tetap harus terjalin dan nggak boleh terlupakan. Oleh karena itu, meja makan nggak boleh hening karena obrolan antar teman juga menjadi santapan wajib. Mereka bisa saling curhat soal kerjaan, kehidupan pribadi masing-masing, atau bicarakan hal-hal receh yang mereka suka. Semisal ngomongin pertandingan bola atau film di bioskop yang wajib ditonton.

 

3. Orang sukses selalu menghindari makan di meja kerja. Biar lebih fresh dan bersemangat setelahnya

hindari makan di meja kerja

Kalau selama ini kamu berpikir orang sukses nggak pernah beranjak dari meja kerja, ternyata nggak juga. Karena saat jam makan siang tiba, mereka akan pindah dan beranjak ke meja makan. Orang sukses kerap kali menghindari makan di meja kerja karena bagi mereka waktu makan harus dinikmati sebaik-baiknya. Mereka percaya kalau kebiasaan itu akan membuat pikiran lebih fresh dan tubuh menjadi bersemangat untuk bekerja lagi setelah makan.

 

4. Menu makan dan minumnya nggak sembarangan. Mereka utamakan menu sehat karena tahu apa yang dikonsumsi berpengaruh pada aktivitas

makanannya sehat

Setiap orang pasti punya makanan dan minuman favorit yang kerap dikonsumsi. Sayangnya, apa yang disuka itu belum tentu menyehatkan. Begitupun para orang sukses yang punya makanan dan minuman paling mereka suka. Mereka tetap mengonsumsinya, namun diimbangi dengan makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh. Karena mereka tahu bahwa apapun yang dikonsumsi akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Demi karier cemerlangnya, orang sukses tetap utamakan menu sehat sambil mengurangi makanan dan minuman yang kurang baik. Sekalipun itu adalah favoritnya.

 

5. Makan siang waktunya menghubungi kerabat. Karena pada jam inilah saatnya ngobrol apa saja di luar pekerjaan

sambil menghubungi kerabat

Sibuk bekerja bukan berarti kehidupan pribadi dikesampingkan. Pada kenyataannya, orang-orang sukses tetap menghubungi keluarga atau teman-teman lama, meski sekadar bertanya ‘sudah makan belum?’ Mereka sadar bahwa waktunya sehari-hari lebih banyak untuk pekerjaan. Untuk itu, saat  di meja makan akan mereka manfaatkan untuk mengobrol sejenak dengan kerabat. Baik via chatting, video call, atau telepon pasti mereka lakukan.

 

6. Bukannya tetap bekerja, tapi orang sukses akan pikirkan tugas apa selanjutnya yang akan dikerjakan

sambil memikirkan pekerjaan selanjutnya

Orang sukses tetap meluangkan waktunya untuk memikirkan pekerjaan sesekali di meja makan. Tapi bukan berarti mereka bekerja, lho. Mereka cuma menyempatkan diri untuk mengorganisir dalam pikiran sejenak tentang tugas apa selanjutnya yang bakal dikerjakan. Nggak sampai lima menit dan mereka memikirkannya juga sambil dibawa santai. Dengan demikian, mereka sudah tahu apa saja yang dikerjakan nanti.

 

 

Orang-orang sukses nggak cuma giat bekerja dan kejar ilmu di mana-mana. Salah satunya adalah mengejar ilmu dari teman makan. Karenanya, punya teman makan yang ternyata begitu penting sebagai ‘pintu gerbang’ untuk membangun relasi. Terlebih kalau momen di meja makan juga ditemani minuman menyegarkan seperti Bintang Radler 0.0%. Rasa lemonnya yang nyegerin akan membuat suasana makan siangmu bersama teman makan jadi semakin seru. Bintang Radler 0.0% ini cocok banget untuk melengkapi keseruan saat makan bareng teman. Yuk, cari #TemanMakan!

Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya

Tinggalkan Komentar

Email tidak akan dipublikasi

6 Jajanan Pasar yang Bisa Kamu Jadikan Ide Bisnis Bareng Teman. Belum Ada yang Bikin Lho! 0 1194

Saat kamu ngumpul bareng #TemanMakan, pernah nggak sih terbersit niat untuk berbisnis bareng? Hal ini memang nggak mudah. Tapi asal kamu sudah mengerti karakter-karakter teman makan yang bisa dijadikan teman usaha, kesuksesan bisnis bareng teman bisa cepat datangnya. Nah, setelah kamu menemukan partner yang pas, saatnya menentukan bisnis apa yang ingin dilakoni.

Salah satu lahan bisnis yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Nggak harus buka restoran, usaha kecil-kecilan bermodal gerobak sederhana dan memanfaatkan media sosial untuk promosi bisa jadi langkah awal untuk membangun bisnismu. Pun nggak harus menyajikan menu-menu besar. Karena di tangan anak millenial, banyak jajanan tradisional atau jajanan pasar yang bisa jadi produk andalan. Tinggal konsep packaging dan variannya saja yang harus diakali.

Nah, buat referensimu, berikut Hipwee berikan beberapa resep jajanan pasar yang bisa kamu jadikan bisnis kuliner. Pelajari baik-baik, ya!

 

Tekstur empuk dan rasa nikmat dari Kue Pukis asal Banyumas yang menggoda lidah jadi peluang besar buat dijadikan ladang bisnis

Kue Pukis

Bahan-bahannya:

  • 4 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • 300 gr santan
  • 1 sdt ragi instan
  • Margarin secukupnya
  • Cokelat meses dan keju untuk topping

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang
  2. Sementara itu, ayak tepung lalu campur dengan ragi, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, kocok terus hingga rata. Lalu tambahkan santan, aduk rata. Diamkan selama 30 menit.
  4. Panaskan cetakan pukis dan olesi dengan margarin. Tuangkan adonan, taburi meses atau keju, lalu tutup hingga matang.
  5. Kamu bisa juga berkreasi dengan menambahkan pewarna makanan atau topping

 

Putu Mayang, salah satu kue tradisional asal Betawi yang mirip gulungan mi ini punya tampilan yang berwarna-warni sehingga terlihat menarik dan menggugah selera

Putu Mayang

Bahan putu mayang:

  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr tepung sagu
  • 550 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Pewarna makanan
  • Daun pisang untuk alas

Bahan kuah saus:

  • 200 gr gula merah, sisir halus
  • 25 gr gula pasir
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Masak tepung beras, gula pasir, garam dan santan sambil diaduk hingga menggumpal. Tambahkan tepung sagu sambil diuleni.
  2. Bagi adonan jadi beberapa bagian, beri warna sesuai selera. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang, tekan sambil ditampung di daun pisang yang sudah diolesi minyak sayur. Kukus hingga 15 menit.
  3. Untuk kuahnya, rebus gula merah, gula pasir, santan, daun pandan dan garam hingga mendidih. angkat dan saring.
  4. Sajikan putu mayang dengan kuah sausnya deh!

 

Aci digoreng alias Cireng khas Sunda bisa kamu pasarkan dengan berbagai variasi rasa agar lebih menarik perhatian

Cireng Isi

Bahan-bahannya:

  • 300 gr tepung kanji
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm garam halus
  • Gula pasir secukupnya
  • Daging ayam, bakso, atau keju untuk isian
  • Air mendidih secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat:     

  1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu, merica bubuk, garam, gula pasir, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  2. Ambil adonan, bentuk hingga pipih, iris bagian pinggirnya dan masukkan bahan isian.
  3. Goreng cireng dengan api kecil, bolak-balik sampai matang merata sampai bagian dalamnya.
  4. Cireng siap disajikan!

 

Lupis punya cita rasa yang khas, pas banget dijual di pagi hari buat camilan teman minum teh

Lupis Ketan

Bahan lupis:

  • 500 gr beras ketan
  • 100 ml air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air untuk merendam ketan
  • 150 gr gula merah, sisir halus
  • 1 sdt tepung kanji
  • 100 ml air
  • 1/2 butir kelapa parut

Cara membuat:

  1. Cuci beras ketan lalu rendam semalaman, tiriskan.
  2. Campur beras ketan dengan air kapur sirih dan garam, aduk sampai rata dan bungkus dengan daun berbentuk segitiga. Lalu rebus kue lupis kira-kira satu jam hingga matang.
  3. Untuk sausnya, campurkan gula merah, tepung kanji, dan air. Rebus dengan api sedang sampai mendidih.
  4. Hidangkan lupis dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

 

Kombinasikan Risoles isi sayur atau daging dengan keju leleh agar rasanya makin istimewa

Risoles Keju

Bahan kulit:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk olesan

Bahan isian:

  • 3 lembar daging asap, potong-potong
  • 2 butir telur rebus, belah-belah
  • 150 gr keju cheddar, parut
  • 100 gr mayones
  • 2 sdm susu kental manis

Bahan pelapis:

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm susu cair
  • Tepung panir

Cara membuatnya:

  1. Untuk kulit: campur dan aduk bahan kulit sampai rata. Buat dadar tipis-tipis di teflon yang sudah diolesi minyak goreng.
  2. Untuk isian: campurkan mayones dengan susu kental manis. Sisihkan. Ambil dadar, taruh 1 potong telur rebus, 1 potong daging asap, keju parut secukupnya lalu beri 1/2 sdm campuran mayones lalu lipat.
  3. Untuk pelapis: kocok telur dengan susu cair. Celupkan risoles ke dalamnya lalu gulingkan di atas tepung panir hingga seluruh permukaan risoles tertutup tepung.
  4. Goreng risoles dalam minyak panas sampai warnanya kecokelatan. Angkat. Sajikan dengan cabai rawit atau sambal botolan.

 

Sajikan Kue Serabi yang dipadu dengan kuah durian khusus calon pelanggan yang doyan banget sama buah ini

Kue Serabi

Bahan serabi:

  • 200 gr tepung terigu
  • 400 ml santan cair, didihkan
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Bahan kuah durian:

  • 50 gr buah durian
  • 50 gr gula pasir
  • 500 ml santan kental
  • 100 ml santan cair
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr gula merah

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung, telur dan garam, aduk rata sambil menuangkan santan sedikit demi sedikit hingga jadi adonan kental.
  2. Panaskan teflon atau cetakan serabi. Oles sedikit minyak atau margarin. Tuang satu sendok sayur adonan. Masak dengan api kecil dan biarkan hingga berlubang-lubang dan matang. Angkat, sisihkan.
  3. Untuk kuahnya: campur santan, gula merah, gula pasir dan garam., rebus sambil diaduk-aduk. Masukkan santan cair dan durian. Masak lagi hingga mendidih sambil diaduk-aduk hingga kuah mengental.
  4. Sajikan serabi yang dituang dengan kuah durian.

 

Gimana, mudah bukan cara bikin jajanan-jajanan pasar yang bisa kamu jadikan ide bisnis kulineran? Bisnis bareng teman itu menyenangkan kok. Karena sekarang acara nongkrong-nongkrong kamu pun semakin bervariasi untuk membahas ide-ide, nggak cuma habis buat bergosip saja. Asalkan kamu dan temanmu sama-sama niat dan bisa menjaga profesionalitas, kesuksesan di bisnis kuliner ini cukup mudah didapat kok. Nah, sekarang coba deh cari #TemanMakan mu yang cocok diajak kerja sama. Teman yang selalu seru dan bisa diandalkan dalam banyak urusan, seperti Bintang Radler 0.0 % yang cocok dinikmati di berbagai suasana.

Pastikan 5+ Karakter Ini Ada Dalam Temanmu, Sebelum Mengajaknya Bisnis Bareng 0 9760

Dalam prosesnya, siapa pun yang membangun sebuah usaha atau bisnis pasti mengalami banyak sekali lika-liku panjang dan berbelit. Mulai dari masalah pendanaan hingga urusan partner kerja yang nggak profesional. Dalam konsepnya, berbisnis dengan #TemanMakan sendiri pasti menyenangkan. Selain modal yang bisa dibagi dua, penyelesaian masalah juga nggak harus kamu tanggung sendirian. Tapi pada praktiknya tak jarang urusan pertemanan berbenturan dengan profesionalitas.

Kamu tentu tahu Adamas Belva dan Iman Usman (Ruangguru) atau 4 mahasiswa pencipta brand Aiden Bag. Usaha dan bisnis mereka bisa sukses meski berpartner dengan teman makan atau teman satu tongkrongan. Kamu juga bisa kok memulainya. Tapi sebelum asal memilih teman buat jadi rekan bisnis, pastikan dulu kelima karakter di bawah ini ada pada temanmu guna kelancaran usahamu!

 

1. Paling penting dari memilih teman bisnis adalah kamu harus klik dengannya. Tentunya lebih mudah kalau kamu dan temanmu punya pola komunikasi yang serasi

Punya passion di bidang yang nyambung akan lebih baik

Layaknya mencari jodoh yang tepat, cari teman bisnis juga gampang-gampang susah. Mengarungi usaha dan bisnis nggak kalah menantangnya dengan mengarungi bahtera rumah tangga. Prosesnya juga sering tak terduga. Maka dari itu, kamu perlu memilih partner yang menurutmu sesuai, yang punya pola komunikasi serasi denganmu dan klik. Ini akan memangkas perbedaan pendapat di antara kalian dan mempercepat pengambilan keputusan juga.

 

2. Taggung jawab dan kepercayaan adalah kunci. Kamu nggak ingin ‘kan, ditinggal rekanmu waktu bisnis kalian sedang ramai-ramainya?

Teamwork yang solid

Ditinggalin waktu bisnis lagi ramai-ramainya sama sakitnya dengan ditinggal pacar waktu lagi sayang-sayangnya. Ketika usahamu tengah meniti kesuksesan, partner bisnismu justru pergi dan alur kerjamu jadi berantakan. Duh, jangan sampai! Ini bisa saja bikin bisnismu nggak selancar dulu, banyak hal yang tentunya akan berubah ketika kamu menjalaninya dengan orang yang berbeda. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan kamu dan temanmu punya tanggung jawab yang besar. Kalian juga harus saling percaya satu sama lain. Bisnis juga soal uang, kalau salah satu tergiur buat memperkaya diri sendiri tentu jadi nggak asyik lagi.

 

3. Kalau bisa sih cari orang yang cekatan, gesit, dan punya motivasi sukses yang sama besarnya denganmu. Suatu saat bisnis sedang loyo, kalian bakal saling menguatkan

Kerjasama bahu-membahu mencapai tujuan.

Ada kalanya bisnis dan usahamu nggak selancar apa yang direncanakan. Ada lika-liku pelik yang bakal membawamu pada masa nggak menyenangkan. Jika partner kerjamu adalah orang yang punya karakter cekatan, gesit, dan punya motivasi buat sukses maka kalian bisa saling menguatkan di masa kegelapan itu. Biar bisnis tetap jalan dan nggak begitu saja menyerah. Jangan lupa, kamu juga harus punya karakter ini agar meyakinkan temanmu kamu adalah rekan bisnis yang tepat untuknya.

 

4. Temanmu harus memahami profesionalitas dan kebal kritikan. Waktu salah satu salah langkah, kalian bisa saling menegur dan memberikan saran

Diselesaikan bersama secara profesional

Teman ya teman, bisnis ya bisnis. Kalau kamu berbisnis dengan teman yang mudah baper maka akan kacau jadinya. Ketika kinerjanya kurang memuaskan dan kamu mencoba memberikan saran, seharusnya temanmu bisa mengevaluasi diri, begitu pula denganmu sendiri. Namun kalau temanmu justru merasa tersinggung dan bawa-bawa etika pertemanan, tentu ini nggak akan mudah. Bisnis yang sukses selalu dikelola oleh mereka yang kuat dan tahan banting. Profesionalitas sangat diperlukan demi kelancaran usaha.

 

5. Pahami juga posisimu dan teman. Akan lebih baik kalau kalian punya beragam peran, ada inisiator, eksekutor, hingga evaluator

Biar saling melengkapi dan mengisi

Kerjasama dari beberapa komponen yang berbeda akan menghasilkan kerja yang nyaris sempurna. Kalau kamu dan teman bisa berbagi peran dengan apik, tentu bisnis akan baik. Kalau bisa sih ada yang jadi inisiator, eksekutor, hingga evaluator dalam bisnis. Sehingga nantinya ada yang mencari ide-ide cemerlang, menuangkannya, hingga memperbaiki kekurangannya. Seru ‘kan?

 

Punya teman nongkrong yang asyik memang menyenangkan. Lebih asyik lagi kalau nogkrongmu dan teman-teman bisa lebih berfaedah. Nggak ada salahnya kok untuk mencoba memulai kesuksesanmu. Cobalah bareng-bareng ajak temanmu bicara dan berdiskusi soal idemu menjalankan bisnis bersama. Sembari ngobrol bermanfaat, jangan lupakan minuman berkarbonasi rasa lemon, Bintang Radler 0,0%, yang bisa banget mendinginkan suasana kalian dan jadi teman yang cocok untuk membangun bisnismu dari 0. Yuk, cari #TemanMakan yang bisa jadi teman usaha!

Most Popular Topics

Editor Picks