Jodoh Nggak Pernah Jauh Dari Pergaulan. Bermula Teman Makan, Kisah Kami Sampai ke Pelaminan 0 59396

Katanya sih jodoh itu bisa datang dari mana saja.

Lucu memang kalau ternyata jodoh kita adalah orang yang dulu nggak sengaja duduk dalam satu kereta yang sama atau jika ternyata jodoh kita dulu sempat tinggal di kos sebelah saat kita masih kuliah. Semakin lucu kalau dia adalah seseorang yang sebenarnya dekat, tapi mata dan hati belum terbuka lebar untuk menyadarinya. Layaknya meet cute dalam film komedi romantis, jodoh katanya punya cara tersendiri untuk masuk dalam kehidupanmu. Dia selalu datang saat waktunya benar-benar pas. Membuat sebuah pertemuan jadi membekas.

 

Jodoh bisa datang dari mana saja. Kali ini biarkan saya bercerita tentang jodoh yang ternyata teman makan saya

berawal dari makan bareng

Sebagai anak rantau yang masih cupu, saya selalu malu kalau harus makan sendirian. Agar bisa bertahan dari perut keroncongan, saya selalu mengandalkan dua pilihan. Beli dibawa pulang atau minta ditemani penduduk kosan. Kurang lebih tiga tahun saya bertahan dengan cara ini; dengan cara yang bisa dibilang menyedihkan ini. Namun Tuhan rasanya sedang berbaik hati. Lewat sebuah perhelatan acara musik yang saya ikuti, Yang Maha Baik sepertinya diam-diam mulai mengenalkan dia yang benar-benar bisa bikin nyaman.

Waktu itu kami sama-sama satu tim untuk Liaison Officer (LO). Keterbatasan personil membuat kami harus melakukan banyak hal bersama-sama. Mulai dari bertemu manajer band hingga menyiapkan permintaan guest star yang untungnya nggak aneh-aneh. Saya ingat benar, dia orangnya tak tahan lapar. Makanya di sela-sela persiapan acara musik itu, dia sering melipir dan mengajak saya makan. Beruntung selera makannya juga aneh seperti saya! Siapa sangka di balik badannya yang tegap dan cambang tipit-tipis, dia sama sekali tak memakan daging? Pun dengan saya yang setiap diajak ke rumah makan Padang tak pernah menyentuh rendang.

Kebiasaan makan di sela-sela pekerjaan sepertinya meminta lebih. Hingga acara musik tersebut selesai, kami masih sering bertemu untuk sekadar makan berdua dan berbagi cerita. Kini saya tak lagi harus pusing mikirin teman makan. Karena dengan sekali WhatsApp, ada seseorang yang senantiasa menjadi partner saya untuk mengisi perut yang keroncongan.

Bermula dari teman makan, kami jadi saling nyaman. Berbincang selama apapun rasanya selalu kurang

Waktu 3 jam pun nggak terasa lama

Entah kenapa rasanya waktu selalu berjalan dengan cepat saat saya sedang bersamanya. Tanpa terasa kami betah duduk di satu spot yang sama lebih dari 3 jam. Padahal, saya sebenarnya orang yang tak betah kalau harus duduk berlama-lama, tapi entah kenapa ketika bersamanya waktu 3 jam pun masih terasa kurang? Duh!

Kalau dipikir-pikir, yang membuat saya betah menghabiskan waktu makan bersamanya adalah tradisi obrolan yang sudah sejak awal kami lakukan. Baru kali ini saya bertemu teman yang bisa membuat saya tak bosan berlama-lama mendengarkan cuapannya. Mulai dari obrolan sederhana soal keseharian di kampus, gosipin anak fakultas sebelah, sampai topik berat yang kami ambil dari tulisan-tulisan hebat Pram atau narasi luar biasa yang tertuang dalam karya Gabriel Garcia Marquez! Ditemani Bintang Radler 0.0%, obrolan seberat apapun dan selama apapun rasanya tetap menyenangkan! Sampai tanpa sadar topik demi topik telah kami bahas berdua. Meski begitu, tak pernah ada rasa bosan saat dia mengajak keluar untuk makan bersama.

Jodoh memang nggak terduga. Awalnya teman makan, kini kami sudah melangkah ke pelaminan bersama

Sekarang, kami tak sekadar teman makan

Momen makan berdua dengannya menjadi saat yang paling seru dalam hidup ini. Sampai kami tak menyadari, bahwa kegiatan makan berdua sudah hampir dua tahun kami jalani. Dua tahun itu lama. Tapi anehnya seperti baru kemarin saja! Tubuh ini pun punya sugesti sendiri saat makan tak ditemani dia. Makan jadi tak selera, sebanyak apapun micin yang ada rasanya tetap B aja. Bagi saya, dia menjadi selayaknya Bintang Radler 0.0% yang selalu bisa menemani segala suasana. Saat ketiadaan dirinya yang mengurangi nafsu makan ini saya sampaikan padanya, mungkin semesta dan seisinya tengah berkonspirasi. Tanpa aba-aba dia hanya tertawa dan berkata:

“Tuh kan, makan tanpa aku itu hambar. Nikah aja yuk biar bisa makan berdua selamanya?”

Inilah perjalanan jodoh yang tak disangka. Saat saya hampir pasrah karena jodoh tak lekas datang, ternyata ada campur tangan Tuhan yang mendekatkannya. Mungkin tanpa acara musik dan saya tak mengiyakan untuk jadi #TemanMakan-nya, saya akan seterusnya sendiri sampai tua.

“Ah, benar ternyata. Jodoh terkadang ada di sekitar kita, tapi tak terlihat karena kita yang bersikeras mencari di kejauhan.”

Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya

Tinggalkan Komentar

Email tidak akan dipublikasi

6 Kisah Romantis Ini Jadi Bukti Kalau Jodoh Cuma Tuhan yang Tahu. Jangan Menyerah Dulu! 1 1218

Jodoh adalah misteri yang sulit dipecahkan. Bahkan teori serumit dan secanggih apapun yang digunakan, belum tentu bisa menjawab perihal jodoh dalam kehidupan. Kadang dia yang terlihat selow dan tidak terburu-buru, justru lebih cepat dipertemukan daripada dia yang berusaha keras mencari jodohnya. Apakah kamu ada di fase ini? Mungkin juga kamu tengah merasa lelah, sebab jodoh tak kunjung tiba. Padahal berbagai usaha telah kamu lakoni.

Meski jodoh adalah misteri yang sulit terpecahkan, semangatmu untuk berusaha jangan sampai timbul-tenggelam. Sebab ada tangan Tuhan yang diam-diam akan terus membantumu dalam menemukan jodohmu. Seperti kisah pasangan-pasangan ini. Mereka menemukan jodohnya dengan cara yang nggak kalah romantis sekaligus unik. Ada lho, yang tadinya hanya #TemanMakan terus jadi teman hidup. Yuk simak sampai habis!

 

1. Pangeran Harry dan Meghan Markle mungkin mengalami kisah cinta yang cukup struggle. Perbedaan status nyatanya tak menghalangi mereka untuk naik pelaminan bersama

Meghan Markle + Prince Harry

Kisah cinta yang pertama datang dari Kerajaan Inggris, yaitu Pangeran Harry dan Meghan Markle. Meghan Markle yang berasal dari Amerika serta pernah menikah sebelumnya membuat publik terheran. Pasalnya, di Kerajaan Inggris sendiri terkenal dengan tradisi untuk menikah dengan sesama bangsawan. Namun perbedaan latar belakang dan usia antara pasangan ini tak membuat mereka menyerah. Buktinya, dari pihak Kerajaan Inggris sendiri telah memberikan restu hingga kedua insan ini akan melaksanakan pernikahan mereka dalam waktu dekat.

 

2. Kisah cinta Nanda dan Jun juga tak kalah romantis dari drama. Pasalnya gadis Minang ini telah dipersunting seorang oppa Korea

Nanda dan Jun Oppa

Kamu yang penggila drama Korea pasti pernah bermimpi untuk punya pasangan dari negeri ginseng ini. Apalagi drama yang sering kamu lihat kerap menayangkan adegan-adegan romantis yang bikin fantasimu kian menjadi. Namun punya jodoh seorang oppa Korea nyatanya bukanlah sebuah fantasi bagi Nanda. Gadis berdarah Minang ini berhasil menakhlukkan hati seorang oppa Korea dan menikah pada akhirnya. Meski saat menjelang pernikahan banyak orang yang meledek karena perbedaan keduanya, mereka toh bahagia sampai sekarang. Lihat saja kebersamaan Nanda dan Jun ini di sosial media. Bak melihat drama Korea!

 

3. Kalau pasangan lain selalu mengumbar kemesraan, pasangan Ringgo-Sabai ini justru sebaliknya. Inilah yang membuat perjalanan kisah cinta mereka berbeda dengan yang lainnya

Ringgo – Sabai

Percaya atau tidak, kisah cinta pasangan ini diawali sebagai teman curhat dan hangout saja lho. Pasalnya semenjak putus dengan mantan kekasihnya, Revalina S. Temat, Ringgo Agus Rahman tak terlihat punya gandengan dalam waktu yang cukup lama. Namun tampaknya Tuhan Maha Membolak-balikkan hati manusia. Berawal dari sering hangout bareng, tumbuhlah benih-benih cinta, hingga akhirnya menikah dan dikaruniai buah hati. Bukan hanya itu yang menarik, tapi keseharian pasangan ini juga nggak kalah bikin banyak orang iri. Pasalnya mereka tetap terlihat adem ayem bahkan cenderung kocak.

 

4. Percaya nggak kalau film The Notebook diangkat dari kisah nyata? Perkenalkan, Jack dan Phyllis Potter, kisah mereka bak cerita dongeng tapi beneran ada

Jack dan Phyllis Potter

Kamu pernah menonton film The Notebook? Itu lho film paling baper sepanjang sejarah yang menceritakan tentang seorang kakek yang setia dengan istrinya meskipun mengidap dementia. Ternyata kisah cinta romantis sekaligus baper yang ada di dalam film tersebut bukan fiktif. Jack dan Phyllis Potter, merupakan pasangan yang menjadi inspirasi dari pembuatan film tersebut. Pasangan yang telah menikah selama 70 tahun lebih ini di dunia nyata tidak dikaruniai anak. Jack yang tidak ingin sang istri melupakan kisah cinta mereka terus membacakan cerita perjalanan mereka berdua yang ia tulis dalam sebuah buku catatan. So sweeet~

 

5. Siapa sangka cinta pertama benar-benar menjadi jodohmu selamanya? Seperti kisah Habibie dan Ainun, meski udah berbeda dunia, cinta mereka berdua tetap ada

Habibie dan Ainun

Di dunia ini, sepertinya nggak ada yang tak mungkin terjadi. Asal Tuhan berkehendak, segala sesuatu yang tak mungkin bisa saja terjadi. Termasuk cinta pertama yang sering dibilang nggak serius itu. Salah satunya adalah Baharudin Jusuf Habibie ini. Meskipun sebagian besar hidupnya dihabiskan di Jerman, tapi siapa sangka dirinya justru menemukan dengan jodohnya di tanah air? Sampai sekarang, kisah Habibie Ainun ini menjadi salah satu kisah cinta paling romantis yang pernah ada. Ngaku deh, kamu baper juga kan pas nonton filmnya?

 

6. Kamu yang saat ini terjebak friendzone jangan patah semangat dulu. Siapa tahu kamu bisa seperti Ditto dan Ayudia yang berakhir di penghulu

Ditto dan Ayudia Bing Slamet

Kamu yang terjebak friendzone selama setahun dua tahun belum ada apa-apanya dengan yang dirasakan Ditto. Cowok yang jago main perkusi ini harus rela memendam cintanya selama 13 tahun untuk sahabatnya sendiri, Ayudia Bing Slamet. Dari masih berseragam putih biru hingga masing-masing punya karir yang cukup mapan, Ditto dengan sabar menunggu Ayudia dalam diam. Namun Tuhan Maha Baik, penantian selama 13 tahun itu akhirnya berbuah manis. Ditto akhirnya berhasil menikahi Ayudia dan kini mereka telah dikaruniai seorang anak nan lucu bernama Dia Sekala Bumi. Kisah cinta mereka bahkan telah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul #TemanTapiMenikah yang juga meledak di pasaran.

 

Tuh kan, banyak jalan untuk bertemu jodoh. Terkadang kita hanya harus lebih peka melihat orang-orang di sekitar kita. Siapa tahu ‘kan, jodoh yang selama ini kamu cari ternyata sudah ada di sisi. Jadi teman makanmu sehari-hari dan jadi “tong sampahmu” untuk curhat soal apa saja. Kan seru kalau dari #TemanMakan lalu jadi teman hidup, seperti kisahnya Ringgo – Sabai dan Ayudia – Ditto.

Konon katanya, makan bareng itu bisa jadi momen yang potensial untuk menemukan jodoh lho. Karena dari obrolan saat itu, kamu bisa menilai apakah kalian nyambung dan cocok atau nggak. Apalagi kalau ditemani Bintang Radler 0.0%, minuman berkarbonasi rasa lemon yang super nyengerin. Momen ngobrol sama teman makan pun jadi makin nyaman. Siapa tahu kelak bisa juga ke pelaminan, eh? :p

6 Jajanan Pasar yang Bisa Kamu Jadikan Ide Bisnis Bareng Teman. Belum Ada yang Bikin Lho! 0 1391

Saat kamu ngumpul bareng #TemanMakan, pernah nggak sih terbersit niat untuk berbisnis bareng? Hal ini memang nggak mudah. Tapi asal kamu sudah mengerti karakter-karakter teman makan yang bisa dijadikan teman usaha, kesuksesan bisnis bareng teman bisa cepat datangnya. Nah, setelah kamu menemukan partner yang pas, saatnya menentukan bisnis apa yang ingin dilakoni.

Salah satu lahan bisnis yang menjanjikan adalah bisnis kuliner. Nggak harus buka restoran, usaha kecil-kecilan bermodal gerobak sederhana dan memanfaatkan media sosial untuk promosi bisa jadi langkah awal untuk membangun bisnismu. Pun nggak harus menyajikan menu-menu besar. Karena di tangan anak millenial, banyak jajanan tradisional atau jajanan pasar yang bisa jadi produk andalan. Tinggal konsep packaging dan variannya saja yang harus diakali.

Nah, buat referensimu, berikut Hipwee berikan beberapa resep jajanan pasar yang bisa kamu jadikan bisnis kuliner. Pelajari baik-baik, ya!

 

Tekstur empuk dan rasa nikmat dari Kue Pukis asal Banyumas yang menggoda lidah jadi peluang besar buat dijadikan ladang bisnis

Kue Pukis

Bahan-bahannya:

  • 4 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu
  • 300 gr santan
  • 1 sdt ragi instan
  • Margarin secukupnya
  • Cokelat meses dan keju untuk topping

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang
  2. Sementara itu, ayak tepung lalu campur dengan ragi, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, kocok terus hingga rata. Lalu tambahkan santan, aduk rata. Diamkan selama 30 menit.
  4. Panaskan cetakan pukis dan olesi dengan margarin. Tuangkan adonan, taburi meses atau keju, lalu tutup hingga matang.
  5. Kamu bisa juga berkreasi dengan menambahkan pewarna makanan atau topping

 

Putu Mayang, salah satu kue tradisional asal Betawi yang mirip gulungan mi ini punya tampilan yang berwarna-warni sehingga terlihat menarik dan menggugah selera

Putu Mayang

Bahan putu mayang:

  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr tepung sagu
  • 550 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Pewarna makanan
  • Daun pisang untuk alas

Bahan kuah saus:

  • 200 gr gula merah, sisir halus
  • 25 gr gula pasir
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Masak tepung beras, gula pasir, garam dan santan sambil diaduk hingga menggumpal. Tambahkan tepung sagu sambil diuleni.
  2. Bagi adonan jadi beberapa bagian, beri warna sesuai selera. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang, tekan sambil ditampung di daun pisang yang sudah diolesi minyak sayur. Kukus hingga 15 menit.
  3. Untuk kuahnya, rebus gula merah, gula pasir, santan, daun pandan dan garam hingga mendidih. angkat dan saring.
  4. Sajikan putu mayang dengan kuah sausnya deh!

 

Aci digoreng alias Cireng khas Sunda bisa kamu pasarkan dengan berbagai variasi rasa agar lebih menarik perhatian

Cireng Isi

Bahan-bahannya:

  • 300 gr tepung kanji
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm garam halus
  • Gula pasir secukupnya
  • Daging ayam, bakso, atau keju untuk isian
  • Air mendidih secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat:     

  1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu, merica bubuk, garam, gula pasir, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  2. Ambil adonan, bentuk hingga pipih, iris bagian pinggirnya dan masukkan bahan isian.
  3. Goreng cireng dengan api kecil, bolak-balik sampai matang merata sampai bagian dalamnya.
  4. Cireng siap disajikan!

 

Lupis punya cita rasa yang khas, pas banget dijual di pagi hari buat camilan teman minum teh

Lupis Ketan

Bahan lupis:

  • 500 gr beras ketan
  • 100 ml air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air untuk merendam ketan
  • 150 gr gula merah, sisir halus
  • 1 sdt tepung kanji
  • 100 ml air
  • 1/2 butir kelapa parut

Cara membuat:

  1. Cuci beras ketan lalu rendam semalaman, tiriskan.
  2. Campur beras ketan dengan air kapur sirih dan garam, aduk sampai rata dan bungkus dengan daun berbentuk segitiga. Lalu rebus kue lupis kira-kira satu jam hingga matang.
  3. Untuk sausnya, campurkan gula merah, tepung kanji, dan air. Rebus dengan api sedang sampai mendidih.
  4. Hidangkan lupis dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

 

Kombinasikan Risoles isi sayur atau daging dengan keju leleh agar rasanya makin istimewa

Risoles Keju

Bahan kulit:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk olesan

Bahan isian:

  • 3 lembar daging asap, potong-potong
  • 2 butir telur rebus, belah-belah
  • 150 gr keju cheddar, parut
  • 100 gr mayones
  • 2 sdm susu kental manis

Bahan pelapis:

  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm susu cair
  • Tepung panir

Cara membuatnya:

  1. Untuk kulit: campur dan aduk bahan kulit sampai rata. Buat dadar tipis-tipis di teflon yang sudah diolesi minyak goreng.
  2. Untuk isian: campurkan mayones dengan susu kental manis. Sisihkan. Ambil dadar, taruh 1 potong telur rebus, 1 potong daging asap, keju parut secukupnya lalu beri 1/2 sdm campuran mayones lalu lipat.
  3. Untuk pelapis: kocok telur dengan susu cair. Celupkan risoles ke dalamnya lalu gulingkan di atas tepung panir hingga seluruh permukaan risoles tertutup tepung.
  4. Goreng risoles dalam minyak panas sampai warnanya kecokelatan. Angkat. Sajikan dengan cabai rawit atau sambal botolan.

 

Sajikan Kue Serabi yang dipadu dengan kuah durian khusus calon pelanggan yang doyan banget sama buah ini

Kue Serabi

Bahan serabi:

  • 200 gr tepung terigu
  • 400 ml santan cair, didihkan
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Bahan kuah durian:

  • 50 gr buah durian
  • 50 gr gula pasir
  • 500 ml santan kental
  • 100 ml santan cair
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr gula merah

Cara membuatnya:

  1. Campur tepung, telur dan garam, aduk rata sambil menuangkan santan sedikit demi sedikit hingga jadi adonan kental.
  2. Panaskan teflon atau cetakan serabi. Oles sedikit minyak atau margarin. Tuang satu sendok sayur adonan. Masak dengan api kecil dan biarkan hingga berlubang-lubang dan matang. Angkat, sisihkan.
  3. Untuk kuahnya: campur santan, gula merah, gula pasir dan garam., rebus sambil diaduk-aduk. Masukkan santan cair dan durian. Masak lagi hingga mendidih sambil diaduk-aduk hingga kuah mengental.
  4. Sajikan serabi yang dituang dengan kuah durian.

 

Gimana, mudah bukan cara bikin jajanan-jajanan pasar yang bisa kamu jadikan ide bisnis kulineran? Bisnis bareng teman itu menyenangkan kok. Karena sekarang acara nongkrong-nongkrong kamu pun semakin bervariasi untuk membahas ide-ide, nggak cuma habis buat bergosip saja. Asalkan kamu dan temanmu sama-sama niat dan bisa menjaga profesionalitas, kesuksesan di bisnis kuliner ini cukup mudah didapat kok. Nah, sekarang coba deh cari #TemanMakan mu yang cocok diajak kerja sama. Teman yang selalu seru dan bisa diandalkan dalam banyak urusan, seperti Bintang Radler 0.0 % yang cocok dinikmati di berbagai suasana.

Most Popular Topics

Editor Picks